Geogrid untuk tanah lereng

Geogrid, Solusi Pembangunan modern

Maraknya pembuatan jalan tol yang dilakukan oleh pemerintah. Diharapkan mampu mengurangi kemacetan. Dengan adanya jalan bebas hambatan, perjalanan pun akan semakin lancar. Serta jalur untuk pengiriman barang akan semakin lancar.

Hal tersebut akan sangat efisien untuk pengiriman barang. Dengan semakin lancarnya pengiriman produk, baik itu mentah maupunĀ  produk yang sudah matang. Akan semakin cepat juga konsumen menikmati produk tersebut.

Adanya jalan tol tersebut memang banyak sekali manfaatnya. Akan tetapi jika kita lihat sendiri, ada sebagian jalan tol yang dibangun di area persawahan.

Jika kita telisik lebih lanjut, tanah di area persawahan kebanyakan mempunyai tekstur yang lunak. Tanah yang lunak ini disebabkan banyaknya lempung yang menyusun tanah ini.

Permasalahan yang bisa ditimbulkan oleh lapisan tanah yang lunak ini yang merepotkan. Kebanyakan lapisan tanah yang lunak, tidak kuat untuk menopang bangunan. Baik itu jalan maupun gedung diatasnya.

Tanah sawah cenderung masih aktif. Sehingga akan membuat retakan pada bangunan diatasnya. Oleh sebab itulah akan sangat beresiko jika membangun sesuatu diatas tanah sawah.

Jika dilihat dari penjabaran diatas. Pastinya tidak akan ada yang berani membangun sesuatu diatas tanah sawah. Akan tetapi faktanya malah kebalikannya.

Baca juga : Kelebihan pipa HDPE untuk air bersih

Semakin banyak banguanan yang didirikan diatas tanah sawah tersebut. Ternyata ada Geogrid yang menjadi pemecah kebuntuan tersebut. Geogrid merupakan bahan geosintetik yang ditujukan untuk menguatkan lapisan tanah. Bentuk dari Geogrid sendiri berupa lembaran-lembaran.

Geogrid umumnya digunakan sebagai subbase saat membangun jalan. Dengan adanya Geogrid tegangan yang dihasilkan akan teredam sebelum masuk ketanah. Sehingga dapat mencegah hal buruk yang akan terjadi.

Solusi Tepat Pembangunan di Daerah Bergambut

Geogrid memang tepat bila digunakan pada penguatan tanah bergambut. Kekuatan tarikan yang tinggi serta efektif dalam pemasangannya menjadi alasan kenapa Geogrid digunakan. Serta pada saat pemasangannya dapat memanfaatkan material setempat yang ada.

Dan yang pasti dapat mengurangi biaya pembangunan, karena harga jual geogrid relatif murah dibandingkan dengan produk sejenis dipasaran. Geogrid digunakan untuk bahan stabilitas atau penguatan tanah dasar yang lunak.

Contohnya pada daerah rawa dan gambut. Geogrid bekerja dengan mengunci agregat tanah. Dengan tujuan agar beban yang disalurkan lebih tertahan dengan merata.

Selain itu dengan adanya Geogrid dapat mencegah penurunan tanah. Sehingga biaya pemeliharaan akan lebih hemat.

Dari informasi yang kami dapatkan dari salah satu produsen produk Geogrid ini, Infomaterial. Bahan Geogrid ini selain harga murah. Juga sangat praktis dalam mengaplikasiannya dilapangan. Tentu hal ini juga akan menekan biaya penggunaannya.

Jadi, jika anda punya masalah dengan kestabilan tanah yang jelek, maka geogrid adalah solusi yang sangat tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *