SEO untuk domain baru

Kembali lagi kita belajar SEO (Search Engine Optimization), belajar SEO itu untuk siapa saja. Kali ini tentang strategi SEO untuk domain baru. Ketika Anda pertama kali meluncurkan website baru, itu sebuah batu tulis kosong di mata Google dan mesin pencari lainnya.

Tentu, search engine spider dapat mengumpulkan beberapa informasi tentang situs Anda dari konten dan kata kunci yang yang diterbitkan, tetapi pada awalnya, mereka tidak dapat secara efektif mengukur otoritas situs Anda berdasarkan kata-kata saja.

Seiring waktu, mereka akan membuat penentuan nilai berdasarkan sejumlah faktor yang berbeda, termasuk jumlah dan kualitas situs yang terhubung ke halaman Anda, jumlah link dan saham yang diterima situs Anda di situs jejaring sosial dan ratusan elemen lain yang masuk ke algoritma pencarian alami.

Tapi ketika situs Anda telah baru diluncurkan, Anda akan memiliki kesempatan belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengontrol bagaimana mesin pencari menghargai situs Anda, berdasarkan tindakan yang Anda ambil.

Cari ahli David Wood mengacu pada titik puncaknya sebagai “penghalang kepercayaan” antara Google dan situs Anda:

Mesin pencari seperti Google secara otomatis memasang dinding ketika mereka datang ke dalam kontak dengan situs baru. Ini seperti penghalang kepercayaan Anda hanya dapat menurunkan selama periode waktu

Untuk memaksimalkan potensi dari pada periode evaluasi, simak tips berikut tentang bagaimana menerapkan strategi SEO yang tepat untuk domain baru Anda:

#1. Mulailah proses SEO anda dengan benar

Bahkan sebelum Anda mulai berpikir melakukan proses link building, pastikan bahwa situs Anda sudah di optimasi dengan baik, terutama Onpagenya. Inilah yang harus dipertimbangkan:

Pilih nama domain terbaik untuk situs Anda.

SEOBook menawarkan banyak tutorial tentang memilih ini bagian penting dari real estate digital, yang bergantung pada tiga unsur penting: potensi branding, bagaimana orang mungkin akan link ke situs Anda dan bagaimana dengan mudah Anda akan bisa mendapatkan domain Anda peringkat.

Pastikan internal Anda sistem navigasi terstruktur sehingga setiap halaman dapat dicapai dalam waktu tiga klik. Ini membantu mesin pencari untuk menjelajah semua halaman Anda dan memastikan bahwa otoritas yang diberikan ke halaman Anda dari waktu ke waktu akan didistribusikan secara merata.

Tambahkan breadcrumb navigasi ke semua halaman. Selain meningkatkan struktur sistem navigasi internal Anda, menambahkan breadcrumbs untuk setiap halaman Anda meningkatkan pengalaman pengguna – pertimbangan besar untuk Google.

Mengoptimalkan konten yang ada. Pada awalnya, Anda mungkin tidak memiliki banyak konten di situs Anda, tetapi pastikan bahwa setiap halaman yang ada yang hadir pada peluncuran Anda telah dioptimalkan untuk memasukkan kata kunci penting dalam tag judul, judul, permalinks URL dan body copy.

Meningkatkan waktu loading situs Anda. Jumlah waktu yang diperlukan untuk memuat situs Anda memainkan peran yang semakin besar dalam peringkat yang SERPs, sehingga mengambil langkah yang diperlukan untuk membuat situs loading cepat-dari awal dengan mengompresi file gambar, menggabungkan fungsi Javascript ke dalam satu file dan menghilangkan putih ruang dalam kode situs Anda dan file CSS.

Pada tahap ini dalam pengembangan situs Anda, itu lebih penting untuk khawatir tentang memastikan hal-hal yang diatur dengan benar “di dalam rumahmu”. Jadi selain pertimbangan struktural yang tercantum di atas, itu juga penting untuk kata kunci yang Anda gunakan ke rekening.

#2. Lakukan riset keyword

Ketahuilah, website anda ditemukan dimesin pencari menggunakan kata kunci tertentu. Dan itulah alasan paling mendasar mengapa sangat disarankan untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memulai membuat konten website.

Hal yang paling mendasarkan untuk anda ketahui ketika melakukan riset keyword (kata kunci) adalah search intent, volume pencarian dan level kompetisinya.

Search intent adalah hal yang mendorong seseorang untuk menggunakan keyword tersebut. Volume adalah jumlah orang/pengguna yang menggunakan keyword tersebut setiap bulannya. Semakin banyak semakin bagus.

Baca juga:

Dan terakhir level kompetisi. Dengan mengetahui level kompetisi sebuah keyword, maka anda bisa mengukur kemampuan anda dalam memenangkan persaingan di SERPs Google.

Menentukan kata kunci kompetisi ideal Anda adalah sedikit lebih sulit. Meskipun banyak situs akan menyarankan bahwa Anda hanya mencari Google untuk kata kunci yang paling sesuai target dan kesulitan mengukur berdasarkan jumlah halaman yang bersaing yang muncul, pendekatan ini naif. Sebaliknya, penting untuk sepenuhnya menganalisa 10 hasil Top di Google untuk kata kunci target Anda, mengambil hal-hal seperti umur domain, PageRank, optimasi halaman dan link balik halaman ke rekening.

#3. Mulai dari yang kecil

Ketika anda masuk pada tahapan link building, maka anda harus memperhatikan kecepatan akuisisi backlink. Jangan memasang lebih dari 100 backlink perhari.

Angka 100 bukan angka fixed. Tetapi, lebih pada logika sederhana saja. Mungkinkah orang akan memberikan backlink pada website baru lebih dari 100 backlink dalam 1 hari?

Mungkin, tetapi lebih dekat pada mustahil.

Kalau kita merujuk pada apa yang dikatakan banyak praktisi SEO bahkan Konsultan SEO. Maka sebagian mereka hanyam menyarankan 10-100 backlink/hari. Walaupun kami sendiri tidak menyarankan anda untuk membuat backlink lebih dari 50 backlink perhari.

#4. Pastikan anda memasang link dari sumber berkualitas.

Anda bisa membeli backlink dengan harga relatif murah. Mulai dari $5 – $10 dengan jumlah  backlink 10.000 backlink.

Tapi, boro-boro memberikan sinyal positif pada google. Yang ada malah website anda terindikasi tindakan spam. Karena tidak ada website baru yang mendapatkan backlink hingga 10.000 backlink dalam waktu yang relatif singkat.

Kami menyarankan agar anda membuat pondasi backlink terlebih dahulu seperti backlink profile. Selanjutnya carilah sumber backlink berkualitas (backlink kontekstual).

Beberapa praktisi SEO menggunakan PBN (Private Blog Network) untuk mendapatkan backlink kontekstual.

#5. Pahami SEO dengan benar

Akhirnya,kita semakin paham bahwa SEO bukanlah “set & forget” semacam ini. Siapa pun yang mengatakan bahwa SEO bisa dilakukan dengan teknik ini, maka sebenarnya ia sedang menyebarkan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Jadi, saat domain anda masih berusia kurang dari 3 bulan. Luangkanlah waktu untuk mengoptimasi elemen-elemen yang dianggap penting oleh mesin pencari. Mulai dari  Onpage (konten, link internal, kecepatan website dll) dan Off Page (proses link building).

Jika anda melakukannya dengan benar dan konsisten sejak awal, maka anda akan melihat hasil yang sangat memuaskan beberapa bulan kemudian.

Untuk melakukan SEO dengan benar memang dibutuhkan pengetahuan yang utuh tentang SEO. Ada banyak sekali panduan SEO yang bisa anda baca dan ikuti diinternet. Sayangnya, seringkali mereka membahasnya sepotong-sepotong, ini membuat anda bingung.

Salah satu website yang membahas SEO dan anda bisa Belajar SEO disana adalah Kaffah Academy. Menariknya, anda bisa belajar SEO gratis disana. Lihat disini

Tidak itu saja, anda juga bisa belajar membuat website profesional melalui website tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika ingin optimasi domain baru. Mudah-mudahan bermanfaat.

Posted in SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *