Tips Sukses Usaha Sampingan

Seorang mahasiswa memang harus menjalani berbagai aktivitas yang padat. Ada jadwal kuliah, ujian, praktikum, dan sederet kegiatan kampus lainnya yang harus diikuti. Konon katanya mahasiswa juga masih terlalu muda untuk bisa menjalankan bisnis atau usaha sendiri.

Padahal, usia mahasiswa merupakan usia yang sangat produktif untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk kamu mahasiswa yang tertarik untuk memulai usaha sendiri, berikut adalah 7 tips sukses usaha sampingan buat mahasiswa.

  1. Membuat rancangan usaha atau proposal yang matang

Sebelum memulai usaha sampingan, terlebih dahulu kamu perlu untuk menyusun rancangan usaha yang matang. Tuangkan rancangan dan ide-ide kamu ke dalam proposal. Proposal ini punya peranan penting supaya kamu bisa menuangkan ide yang jelas dan lebih memahami detail tentang usaha yang akan kamu jalankan.

Proposal ini juga bermanfaat kalau kamu ingin mengajukan kerjasama dengan partner dalam bisnis kamu. Buatlah proposal lengkap yang berisi tujuan, rancangan, hingga kebutuhan untuk menjalankan usaha.

  1. Segera memulai tindakan tanpa menunda-nunda pekerjaan

Kalau kamu sudah membuat rancangan usaha yang matang, kamu harus segera mengambil tindakan untuk menjalankan rencana tersebut. Rancangan yang bagus akan menjadi tidak berguna apabila tidak dilakukan. Jangan terlalu banyak menunda pekerjaan hanya karena merasa terlalu cepat untuk memulai usaha.

Menunda pekerjaan hanya membuat kamu jadi membuang waktu. Ada kesempatan bagi kamu untuk bisa sukses di usia muda. Karena itu, kamu tidak perlu menunda-nunda untuk memulai usahamu sendiri.

  1. Mencari dan belajar dari pembimbing atau mentor

Kalau kamu masih terbilang baru dalam berusaha atau berbisnis, kamu tidak perlu malu untuk mencari dan belajar dari pembimbing atau mentor. Saat pertama kali berbisnis, kamu tentu memerlukan bimbingan dari orang yang tepat.

Mentor ini bisa jadi kamu temui dari senior di kampus. Jangan pernah ragu untuk bertanya kepada mentor ini. Hal ini akan sangat bermanfaat agar kamu bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak tentang usaha atau bisnis kamu.

  1. Mengikuti seminar atau kelas bisnis

Ilmu tentang menjalankan usaha atau bisnis bisa kamu dapatkan dari mana saja. Untuk itu, kamu perlu juga mencari ilmu dengan cara mengikuti seminar atau kelas bisnis. Kamu tidak harus berkuliah di jurusan bisnis untuk bisa mendapatkan ilmu ini.

Biasanya, banyak acara di kampus yang menawarkan kelas atau seminar bisnis gratis. Untuk itu, kamu harus rajin mencari informasi dan mendatangi seminar-seminar tersebut.

  1. Mencari modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha

Untuk memulai suatu usaha, memang kamu akan memerlukan modal awal. Besarnya modal awal yang diperlukan ini bergantung pada jenis peluang usaha yang ingin kamu jalankan.

Lakukan perhitungan yang diperlukan tentang dari mana saja kamu akan mendapatkan modal ini dan bagaimana kamu akan membayarnya kembali kalau kamu mengambil pinjaman. Selain itu, modal yang dimaksud di sini juga tidak hanya berupa uang, namun juga modal ilmu dan pengetahuan.

Namun, jika anda sedikit kreatif dan terbuka. Saat ini ada banyak sekali peluang usaha modal kecil yang bisa anda garap. Walaupun saat ini modal yang anda miliki terbatas.

Yang anda butuhkan hanyalah kemauan dan usaha keras.

  1. Memanfaatkan media sosial untuk pemasaran produk

Di jaman sekarang, perkembangan teknologi dan internet sudah sangat pesat. Banyak orang yang mulai beralih ke media sosial untuk mencari informasi. Hal ini sudah banyak dimanfaatkan oleh berbagai pebisnis untuk memasarkan produknya.

Karena murah dan mudah, kamu bisa juga memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk yang kamu jual atau untuk mempromosikan usaha kamu. Sesuaikan media promosi yang digunakan dengan karakteristik media sosial dan penggunanya.

  1. Pantang menyerah dan belajar mengatasi kegagalan

Saat menjalani suatu usaha atau bisnis, kamu tentu berharap bisa mendapatkan kesuksesan. Namun, tidak semua orang bisa langsung sukses dalam usaha pertamanya. Ada kalanya kamu akan menghadapi kegagalan saat menjalankan usaha.

Saat hal ini terjadi, jangan jadikan kegagalan ini sebagai hambatan yang menghalangi kamu dari berusaha bangkit kembali. Sebaliknya, kamu harus mulai belajar untuk menjadi orang yang pantang menyerah dan mampu untuk mengatasi kegagalan.

Nah, menjadi mahasiswa tidak berarti kamu tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri dari usaha sampingan. Demikianlah penjelasan mengenai 7 tips sukses usaha sampingan buat mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *